Blog ini akan menjelaskan mengenai Marketing, Islam, Kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Pengertian dan Manfaat Akuntansi Keuangan bagi Perusahaan

Pengertian Akuntansi Keuangan - Saat ini perang akuntansi sangatlah penting dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan ekonomi maupun keuangan. Tidak hanya itu, peranan akuntansi sekarang semakin banyak disadari oleh perusahaan. 

Kegunaan Akuntansi
Pengertian dan Manfaat Akuntansi Keuangan bagi Perusahaan
Akuntansi sendiri berperan dalam memabantu tugas menejemen, terkkhususnya saat menjalankan pengawasan maupun perencanaan. Hal inilah yang membuat akkuntasni semakin hari semakin banyak dipelajari oleh para pelaku usaha. Jika kita perhatikan, pada saat ini banyak sekali pelajar, terkhususnya mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari akuntansi.

Salah satu buktinya, kita bisa lihat sendiri sudah banyak SMK Negerti maupun Swasta yang sudah membuka jurusan Akuntansi. Tidak hanya itu, banyak sekali mahasiswa yang mengambil jurusan akuntansi. Mungkin alasannya karena kesempatan bekerja dalam bidang akuntansi masih terbuka dan masa depan yang mungkin menjanjikan.

Oleh karena itu, saya disini akan memberikan beberpa penjelasan mengenai akuntansi keuangan, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, anda bisa membacanya dibawah ini.

Beberapa Pengertian Mengenai Akuntansi

- Akuntansi keuangan merupakan suatu bagian yang berhubungan dengan penyiapan laporan keuangan dengan pihak luar, mislakan seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, atau yang lainnya.

- Akuntansi keuangan merupakan suatu sistem yang mengatur segala macam catatan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan, atau menysun laporan keuangan mengenai transaksi yang terjadi.

- Akuntansi keuangan merupakan bagian pentng yang menghasilkan informasi dalam bentuk laporan keuangan yang mana laporan ini nantinya akan ditujukan vagi pihak-pihak luar seperti pemegang saham, dan lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai akuntasi. Anda bisa memilihnya ingin menggunakan yang mana, karena pada intinya pengertian akuntasi keuangan semuanya sama.

Dan sesuai dengan beberpaa penjelasa mengenai pengertian akuntansi diatas, maka bisa kita simpulkan. Bahwa akuntansi keuangan merupakan kegiatan yang meliputi proses catat mencatat hingga menganalisa data-data keuangan perusahaan ataupun produk yang dihasilkan dari kegiatan yang berbentuk laporan keuangan.

Fungsi Utama dari Akuntansi Keuangan

Fungsi akuntansi keuangan tentunya sangatlah penting, tapi tahukah anda mengenai fungsi utama dari orang yang bekerja dibidan ini? Salah satu fungsi utama dari akuntasi keuangan adalah memberikan informasi mengenai keuangan suatu organisasi maupun perusahaan.

Dengan laporan yang dibuat, sehingga dapat mengetahui keadaan keuangan dari suatu perusahaan, apakah itu mengalami penurunan ataupun peningkatan. Informasi mengenai keuangan sendiri sangatlah penting bagi perusahaan dan sangat dibutuhkan oleh menejeman karena dapat membantu untuk membuat dan mengambil keputasan yang bisa memengaruhi perusahaan ataupun organisasi.


Fungsi Akuntansi Secara Umum
Pengertian dan Manfaat Akuntansi Keuangan bagi Perusahaan
Fungsi akuntasi sangatlah banyak, diatas tadi saya memberikkan fungsi utama dari akuntasi keuangan, dibawah ini saya akan memberikan fungsi umum dari akuntansi keuangan.

- Untuk mengetahui serta menghitung laba ataupun rugi yang sudah didapatkan oleh perusahaan.

- Untu memberikan informasi kepada manajemen perusahaan.

- Agar dapat membantu menetapkan gak bagi masing-masing pihak yang mempunyai kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak eksternal maupun internal.

- Agar dapat mengawasi serta mengendalilan berbagai macam aktivitas yang mungkin terjadi pada perusahaan.

- Yang terakhir untuk membantu perusahaan agar bisa mencapai targetnya yang sebelumnya sudah ditentukan.

Jenis Laporan Keuangan

Salah satu hasil dari kegiatan seorang akuntansi adalah laporan keuangan. Laporan keuangan inilah yang nantinya akan digunakkan untuk kepentingan pihak eksternal maupun pihak internal perusahaan. Dan dibawah ini ada beberapa jenis laporan keuangan dari kegiatan akuntansi.

- Laporan arus kas merupakan jenis laporan yang di buat untu mengetahi informasi mengenai penerimaan maupun pengeluaran kas dari suatu perusahaan dalam periode tertentu.
- Laporan Laba-rugi merupakan jenis laporan yang memberikan informasi mengenai hasil (laba-rugi) dari suatu kegiatan perusahaan dalam periode tertentu.
- Laporan neraca merupakan jenis laporan yang memberikan informasi mengenai hubungan aset, ekuitas, atau kewajiban suatu perusahaan.

Bagi anda yang ingin mendalami tentang akuntasi keuangan, maka anda bisa melanjutkannya pada jenjang perguruan tinggi, atau jika perlu anda bisa mengikuti Training akuntansi keuangan yang banyak diluar sana.

Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai akuntansi keuangan, semoga apa yang sedikit ini bisa memberikan banyak manfaat kepada kita semua, sampai berjumpa pada artikel saya selanjutnya.


  • Komentari

    Nama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Pengertian dan Manfaat Akuntansi Keuangan bagi Perusahaan
      Komentar(0)